APA ITU PEYAKIT BELL'S PALSY

Dizaman yang semakin maju ini, kehidupan semakin sulit, pertumbuhan manusia semakin pesat dan ruang kosong semakin sedikit, apalagi yang tinggal didaereh perkotaan, suasana begitu padat untuk bernapas saja sulit apalagi untuk melakukan aktivitas, karena suasana begitu padat dan panasnya. Banyak sekali bangunan ataupun rumah menggunakan penyejuk ruangan / AC dan terkadang penyejuk ruangan tersebut tidak menjamin kesehatan bagi kita hanya menjamin ruangannya akan sejuk saja.

Pada saat ini penyakitpun semakin beragam dan banyak sekali penyakit yang kebal terhadap obat atau antibiotik. Setiap waktunya penyakitpun berkembang mengikuti perkembangan manusia. termasuk salah satu penyakit yang satu ini, penyakit ini dinamakan dengan Bell's Palsy.

Apa itu penyakit Bell's palsy?

Bell's Palsy adalah satu penyakit yang berhubungan dengan penyakit syaraf dan penyakit ini biasa menyerang pada bagian wajah sang penderita. Sang penderita seolah-olah terkena penyakit strok ringan tetapi setelah diperiksa gula dara, kolestrol dan tekanan darah normal, setelah didiaknosa Si pasien baru tahu bahwa ia menderita penyakit  Bell's Palsy.

Gejala atau tanda dari penyakit Bell's Palsy :
  1. Kelumpuhan ringan sampai dengan total pada bagian wajah.
  2. Wajah sulit untuk digerakkan seperti tersenyum atau mengedipkan mata.
  3. Timbulanya nyeri pada kepala.
  4. Penurunan kemampuan pada indra pengecap, sulit untuk merasakan rasa pada makanan.
  5. Penurunan jumlah air mata dan liur pada sisi bagian yang terkena.
  6. Wajah tidak bisa tersenyum, hanya satu bagian mata saja yang dapat berkedip, lidah tidak dapat digerakan kekanan atau kekiri.

Cara menghindari agar tidak terkena penyakit Bell's palsy :

  1. Rajinlah berolah raga.
  2. Biasakan hidup sehat, makan makanan yang bergizi, biasakan makan makanan yang organik.
  3. Terapkan pola hidup yang disiplin, teratur dan tepat waktu dalam hal makan, tidur, bekerja dan istirahat.
  4. Hindari penggunaan AC yang berlebih pada ruangan kita, ruangan kantor, ruangan tamu, ruangan tempat tidur dan ruangan yang lainnya. bila terpaksa menggunakan AC, sebaiknya AC berada dibelakang kita. karena 75% penyakit ini disebabkan oleh hembusan AC yang langsung mengarah pada wajah kita.

No comments:

Post a Comment